berita di detikNews.com  dan di detikNews.com tentang agenda tersembunyi dari kucuran dana atau bantuan keuangan dalam pelaksanaan pesta blogger di Indonesia sungguh amat sangat mengejutkan (walaupun aku pribadi nggak terkejut amat. Amerika gitu lhoo.. tapi tetap saja hal itu sedikit mengganggu pikiranku ). sebagai seorang blogger *ehem, rapiin kerah* aku sangat menyayangkan kalau blogger Indonesia dimanfaatkan demi kepentingan asing. memang untuk bisa mengadakan kegiatan dalam skala nasional (seperti pesta blogger -PB-)  membutuhkan dana yang cukup besar dan pemerintah kita "tidak punya anggaran" untuk kegiatan-kegiatan semacam itu. disitulah hebatnya mereka. mereka melihat ada peluang yang cukup besar melalui social media, blog, facebook, twitter, dll, untuk mengkampanyekan kepentingan-kepentingan mereka -paling tidak menarik minat blogger Indonesia yang umumnya adalah orang-orang muda untuk lebih pro pada kebijakan-kebijakan AS-
adanya bocoran wikileaks tentang ada udang di balik uang ini rupanya cukup menghangatkan timeline di twitland. ada yang pro, kontra-SANGAT!- dan ada yang adem saja. buatku pribadi selama pemberian bantuan dana itu tidak -terlalu- ditunggangi kepentingan mereka itu bukanlah masalah besar ( namanya juga sponsor, mustahil tidak ada "pesan-pesan" sponsornya. hehehe ) yang penting bagaimana panitia bisa meminimalisir "pesan-pesan negatif" selama pelaksanaan PB itu dan bagaimana kita sebagai blogger menyikapi dan memanfaatkan ajang PB ini untuk menambah pengetahuan, jaringan pertemanan dan mempererat persatuan kita untuk kemajuan Indonesia sendiri dan bukannya menjadi agen propaganda AS.

aku sendiri ikut menghadiri  mini PB2010 kemarin yang diadakan di Manado. saat itu aku nggak tahu kalau kedutaan AS ikut mensponsori acara itu. bahkan sebelumnya aku nggak tahu kalau ada acara yang namanya Pesta Blogger. tapi karena beberapa hari sebelum acara PB aku dihubungi oleh teman-teman yang menjadi panitia lokal acara itu, aku memutuskan untuk hadir. aku pikir itu semacam ajang kopdar sesama blogger dan netter lainnya, apalagi ada workshop-blogshop nya, jadi no problemo lah. acaranya sendiri cukup fun dan dihadiri beberapa komunitas lain selain blogger. lumayanlah buat nambah gaul, secara sekian tahun jadi blogger soliter, bosen juga. hihihihi..

jadi kesimpulannya, 
untuk yang pro, yang merasa Pesta Blogger itu perlu terus ada dan tidak masalah siapa yang jadi sponsor dan udang dibalik sponsor itu. silahkan saja dilanjutkan kegiatannya. asal tidak dijadikan ajang eksistensi diri / komunitas dan tidak merugikan bangsa sendiri -ingat TIDAK MERUGIKAN BANGSA SENDIRI!-  yo wes monggooo
untuk yang kontra-SANGAT!, yang tidak setuju dengan institusionalisasi komunitas 2.0 dan tunggangmenungganggi dan percaya ada agenda-agenda negatif dalam sponsorship mereka, juga silakan berpendapat dan tetap menjaga independensi komunitas 2.0 yang bebas dari intervensi  apapun. silahkaan, monggooo ^_^
untuk yang adem saja atau memilih bergabung dalam gerakan non blok, ya gitu deh. monggoo juga.. wakakakakak...

aku pribadi tidak sudi dan tidak mau ditunggangi dan digarap (salah satu kata dalam artikel detiknews itu yang paling aku suka, hihihihi ) oleh siapapun. tidak peduli, digarap pemerintah sendiri apalagi asing. no waaaayy!
sebagai blogger aku bebas merdeka, tanpa titipan, tanpa tekanan, tanpa bayaran, tanpa mengharap apapun dari siapapun. titik.

haahh,,selesai juga ^_^ Hidup BuMa! lhooooo? :O :O wakakakak